CATATAN!!

close

Matikan Ad-Block agar blog bekerja optimal. Penggunaan Ad-Block menghilangkan beberapa gambar tutorial.

Menggambar Wajah Quarter View

Hello !!
Akhirnya kita udah sampai ke bagian yang lumayan rumit. Kalo sebelumnya akalian sudah bisa menggambar wajah tampak depan, sekarang kita akan belajar menggambar wajah tampak ¾ atau Quarter View, artinya adalah menggambar wajah dari sudut antara depan dan samping.

Kenapa rumit? Karena menurut pengalaman pribadi, menggambar wajah pada sudut ini membutuhkan “rasa” atau feeling yang lebih lagi ketimbang kita menggambar wajah tampak depan.  Tergantung dari sudut mana kita menggambar wajah maka posisi-posisi garis lainnya akan berubah pula.

Tapi tenang, suatu hal yang rumit akan jadi mudah kalau masalah itu kita peceh jadi masalah-masalah yang sederhana. Nah, untuk itu kita perlu paham konsepnya. Konsep disni bukan berarti hal yang harus dilakukan atau harus ada, konsep disini agar supaya kita bisa memahami dan lebih mudah menggambar wajah.

MENGGAMBAR WAJAH QUARTER-VIEW

Ada beberapa hal yang harus digaris bawahi untuk menggambar wajah pada sudut quarter view. Hal yang paling penting adalah SUDUT seberapa jauh dari wajah tampak depan. semakin jauh sudutnya maka semakin besar pula perubahan terhadap garis – garis wajah tampak depan.

“Rasa” yang harus kita kuasai disini adalah membayangkan ketika wajah tampah depan menoleh ke sudut yang kita inginkan. Ini yang memang susah untuk dilatih tapi bukan hal yang mustahil. Maka dari itu, kita tidak perlu terburu-buru menggambar, bayangkan saja dahulu sambil melatih “rasa” dan imajinasi kita.

Hal ini juga kadang menjadi kendala beberapa komikus. Untuk mengatasi hal ini mereka menggambar wajah tampak depan dahulu kemudian baru menggambar wajah dari sudut yang mereka inginkan dismping wajah tampak depan tersebut. Ini sekedar tips buat kalian yang susah untuk ngebayangin wajah karakter yang kalian buat.

Nah kalau sudah mengerti ayo kita mulai menggambar!!

  • ·         Awal mula seperti biasa, buatlah lingkaran dan garis bantu yang sama saat menggambar kepala wajah tampak depan.
  • ·          Sama seperti cara menggambar wajah tampak depan, jaw/rahang dimulai dari garis ke tiga seperti pada gambar. Tapi, bagian dagu pada gambar tidak pas di tengah. Pada gambar, dagu lebih kekiri. Yang perlu di ingat lagi bahwa sudut antara rahang tidak sama, bisa dibilang kita Cuma menggambar SATU rahang. Dimana pada gambar ini wajah akan sedikit menoleh kekiri sehingga rahang yang kita gambar hanya satu yaitu di kanan. Sedangkan pada bagian kiri, bisa dibilang kita menggambar pipi wajah. Oleh sebab itu sudut pada rahang (wajah bagian kanan kanan) lebih tajam dari pipi ( wajah bagian kiri).Ini bagian yang susah untuk dijelaskan, intinya untuk bisa berhasil di step ini kita harus bisa membayangkan posisi dagu, rahang dan pipi karakter kita. Proses membayangkan ini butuh waktu, tidak ada trik untuk ini dan hanya bisa dikuasi dengan cara melakukannya terus menerus sampai kita terbiasa. Jadi, jangan terburu-buru menggambar bayangkan dulu hingga kita mendapat bentuk yang kita inginkan.

  • ·         Setelah selesai, gambar bagian leher dan pundak. Ini tergantung bagaimana pose yang kalian inginkan. Jadi kita lewati dulu bahasan tentang leher dan badan.
  • ·         Nah, sekarang kebagian mendasar. Yaitu menentukan bagian tengah wajah karakter kita. Ini bagian mendasar tetapi juga menjadi satu kunci penting untuk menggambar wajah quarterview. Karena itu, kita tidak bisa menggambarnya dengan sembarangan. 
    pada bagian ini kita bisa menggunakan bantuan garis dagu, rahang dan pipi yang sudah kita buat. Tapi, sekali lagi kita masih perlu “rasa” untuk meempatkan garis ini sesuai tempatnya. Hal yang perlu diingat bahwa garis bantu ini digunakan untuk menentukan bagian TENGAH wajah karakter kita dimana kalau kita sudah tau wajah kita menghadap kemana akan sangat mudah meletakkannya.
  • ·         Barulah setelah itu kita bisa menempatkan fitur-fitur wajah seperti mata, hidung, mulut, alis, dll. Penempatan mata hampir sama seperti menggambar wajah tampak depan yaitu terletak antara garis horizontal ke satu dan kedua. Yang perlu menjadi catatan bahwa, garis bantu di tengah wajah menjadi pembatas fitur-fitur wajah bagian kanan dan kiri. Bisa dilihat pada gambar mata kiri hanya menyentuh dan tidak melewati garis tengah. Begitu juga dengan hidung dan mulut. Untuk meletakkan mata yang lain gunakanlah jarak satu mata dari mata yang sudah kita buat. Kalau kalian sudah melihat cara menggambar mata lanjutan ini pasti akan mudah dilakukan.
  • ·         Telinga penempatannya sama, tetapi diingat karena karakter kita tidak menghadap ke depan maka hanya satu telinga yg terlihat.
  • ·         Setelah itu kita gambar rambut bagian depan, garis terngah wajah bisa digunakan sebagai acuan.
  • ·         Gambar juga rambut bagian belakang.
  • ·         Tebalkan garis yang perlu, dan hapus yang tidak.


Wiiuuuhhh, akhirhnya selesai -_-. Nah, giamana hasil gambar kalian??. Jangan putus asa, bahasan ini memang susah-susah gampang. Bisa dibilang bahasan ini sudah satu tingkat diatas postingan yang sebelumnya.

Untuk kalian yang bingung dari tadi bahas-bahas “rasa”, kalian bisa ikutin terus postingan di blog ini untuk lebih tahu rasa apa yang dimaksud disini. Rasa jeruk kah? melon? strawbery? Yang pasti bisa membuat kalian lebih mudah menggambar.

Nah, kelihatannya sesi kita di pos ini sudah terlalu panjangan jadi ini adalah akhir sesi kita kali ini . Gak usah sedih, karena akan masih ada banyak bahasan yang akan di bahas disini. Jangan lupa untuk komen dan share ketemen-temen kalian supaya penulis terus semangat nulis di blog ini. sekian dulu gaes :3

SALAM KOMIKUS!!

No comments:

loading...
Kebijakan Privasi!
Setiap pengumpulan, pembagian, dan penggunaan data yang terjadi di situs ini sebagai akibat dari penggunaan produk Google dari author. Pihak ketiga dapat menempatkan dan membaca cookie di browser anda, atau menggunakan web beacon untuk mengumpulkan informasi sebagai hasil dari penayangan situs. OK